PPDB Rawan Praktek Pungli LSM Trinusa DPD Provinsi Banten Buka Aduan Masyarakat.

Blog366 Dilihat
https://picasion.com/

Suaratrinusa.com – Banten 15 Juni 2024 |Sebagai bagian dari pengawalan pendidikan berintegritas dan proses PPDB yang objektif, non diskriminatif, adil, transparan dan akuntabel, LSM Trinusa DPD Provinsi Banten membuka kanal aduan kecurangan PPDB.

Melalui kanal ini, Putri Febriliany selaku Sekretaris DPD Provinsi Banten bermaksud mengajak masyarakat, baik yang mengalami atau menjadi korban kecurangan ataupun mengetahuinya, untuk bersama-sama melawan kecurangan PPDB.

https://picasion.com/

Jajaran LSM Trinusa DPD Banten menjamin keamanan data pelapor sehingga publik tak perlu ragu untuk mengungkap kecurangan PPDB.

Pungutan liar (pungli) di Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah seringkali muncul dalam berbagai bentuk. Berikut adalah beberapa indikasi adanya pungli dalam proses PPDB:

1. Biaya Tidak Resmi: Permintaan uang atau biaya tambahan di luar ketentuan resmi yang telah diumumkan oleh sekolah atau dinas pendidikan.

2. Pembayaran untuk Kelulusan atau Penempatan: Orang tua atau wali murid diminta membayar sejumlah uang agar anak mereka dapat diterima atau ditempatkan di sekolah tertentu.

3. Pembayaran untuk Dokumen: Pungutan untuk pengurusan dokumen yang sebenarnya gratis atau sudah termasuk dalam biaya pendaftaran resmi.

4. Biaya Sumbangan yang Tidak Wajar: Sekolah meminta sumbangan dengan jumlah yang tidak masuk akal dan tidak bersifat sukarela, yang seharusnya tidak menjadi syarat penerimaan siswa baru.

5. Penyaluran Melalui Pihak Ketiga: Adanya pihak ketiga atau perantara yang menawarkan jasa dengan imbalan uang untuk memastikan anak diterima di sekolah tertentu.

6. Bukti Pembayaran Tidak Resmi: Pembayaran yang dilakukan tidak mendapatkan bukti resmi seperti kuitansi atau tanda terima dari sekolah.

7. Kebijakan Tidak Transparan: Kurangnya transparansi dalam proses seleksi dan kriteria penerimaan, sehingga membuka peluang terjadinya pungli.

8. Informasi yang Berbelit: Informasi mengenai biaya atau prosedur PPDB sengaja dibuat tidak jelas sehingga orang tua harus membayar untuk mendapatkan kejelasan.

9. Peningkatan Kuota yang Tidak Jelas: Tiba-tiba muncul kuota tambahan dengan syarat membayar sejumlah uang tertentu.

10. Desakan atau Tekanan: Orang tua atau wali murid menerima tekanan atau intimidasi untuk melakukan pembayaran tambahan agar proses pendaftaran anaknya berjalan lancar.

Mengidentifikasi dan melaporkan indikasi pungli adalah langkah penting untuk memastikan proses PPDB berjalan dengan jujur dan transparan.

Jika menemukan indikasi tersebut, orang tua dan wali murid disarankan untuk melaporkan ke LSM Trinusa DPD Provinsi Banten melalui email : aduan@trinusa.org dan Whatsapp : +62 812-8229-4400

https://picasion.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *