Tanamkan Jiwa Demokrasi, MAN 4 Aceh Utara Gelar Pemilihan Ketua OSIM

Tanamkan Jiwa Demokrasi, MAN 4 Aceh Utara Gelar Pemilihan Ketua OSIM

Berita, Nasional77 Dilihat
https://picasion.com/

Aceh Utara, suaratrinusa.com – Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Utara menyelenggarakan Pemilihan Umum Ketua OSIM periode 2024-2025. Pemilihan ini diselenggarakan sesuai dengan tata cara Pemilihan Umum (Pemilu), yaitu dengan pencoblosan secara langsung yang digelar di halaman madrasah setempat, Selasa (13/02/2024).

https://picasion.com/

Kegiatan ini menganut sistem dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa. Prinsip demokrasi ini diterapkan dalam pemilihan ketua OSIM diharapkan memberikan pelajaran untuk menggunakan hak yang dimiliki secara bertanggungjawab.

Selain itu, pemilihan Ketua OSIM ini juga merupakan bagian integral dari proses pendidikan di MAN 4 Aceh Utara, yang bertujuan untuk memberikan siswa pengalaman berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, pengembangan kepemimpinan dan pemahaman yang lebih dalam tentang prinsip-prinsip demokrasi.

Al Fadhil Muhammad, S. Pd.I., M.Pd. selaku Pembina OSIM MAN 4 Aceh Utara dan sekaligus Panitia Pemilihan Umum mengatakan, pelaksanaan pemilihan Ketua OSIM periode 2024-2025 ini adalah wujud penanaman demokrasi sejak dini, terutama bagi pemilih pemula sehingga nantinya terbiasa dengan bentuk demokrasi yang ada di negara ini.
“Kami harapkan Pemilihan ketua OSIM ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk melatih berdemokrasi, terutama bagi siswa sebagai pemilih pemula yang akan berpartisipasi dalam ajang demokrasi Pemilu,” ujar Fadhil.

Fadhil juga menambahkan, MAN 4 Aceh Utara berkomitmen untuk mendukung perkembangan siswa dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk kepemimpinan. Dengan demikian, pemilihan Ketua OSIM adalah salah satu upaya untuk memberikan siswa pengalaman berharga dalam perjalanan mereka menuju kedewasaan dan menumbuhkan rasa bertanggungjawab, kesadaran politik dan sikap kritis. Tujuannya agar siswa mampu berkarya dan berpartisipasi aktif dalam masyarakat di bidang sosial dan mampu mengemban tanggungjawab serta memberikan kesempatan menunaikan hak dan kewajibannya dalam memilih, khususnya memilih pemimpin.

“Ada dua pasang kandidat, ketua dan wakil ketua OSIM, yaitu paslon 1 Ahmad Maulana Putra dan Annisa Liskara, dan paslon 2 Ridha Fakri dan Tiaisyah,” sebutnya.

Dikatakan, masing-masing paslon telah melakukan orasi dan menyampaikan visi dan misi yang akan dilaksanakan satu tahun ke depan dalam memimpin OSIM serta memajukan MAN 4 Aceh Utara yang disampaikan seminggu sebelum pemilihan dilakukan. “Ini perlu dilakukan untuk mengajarkan siswa agar berani mengungkapkan pendapatnya kepada khalayak ramai,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Madrasah, Drs. H. Sulaiman menyampaikan, semua kandidat yang bersaing diharapkan dapat menerima apapun hasil yang diperoleh nantinya dalam proses pemilihan yang dilaksanakan. Selain itu, Ketua OSIM yang terpilih nantinya diharapkan mampu menjadi sosok yang bisa memimpin dan memberikan contoh terbaik bagi siswa-siswi MAN 4 Aceh Utara.
“Semoga pemilihan Ketua OSIM ini akan menghasilkan pemimpin yang berdedikasi dan berkomitmen untuk membawa perubahan positif di MAN 4 Aceh Utara selama masa bakti 2024-2025,” ucap Sulaiman.

Amatan media ini, dalam pemilihan tersebut, pihak madrasah menyiapkan bilik suara, kotak suara, tinta, dan alat pencoblosan. Sebelum mencoblos, ratusan siswa harus mengantri untuk mendapatkan surat suara yang berisi foto kandidat. Mereka pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan. Setelah mencoblos, surat suara dilipat kembali dan dimasukkan ke dalam kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, mereka harus mencelupkan tangan ke dalam tinta, agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali.

Setelah melaksanakan kegiatan pencoblosan para anggota OSIM langsung menghitung hasil perolehan suara. Hasil perolehan suara dari masing-masing kandidat,
paslon 1 memperoleh 75 suara dan paslon 2 memperoleh 67 suara.

Dari hasil perolehan suara tersebut, paslon 1 terpilih sebagai Ketua OSIM periode 2024-2025. Keluarga besar MAN 4 Aceh Utara menaruh harapan, agar ketua dan wakil ketua OSIM terpilih dapat menjadi ketua dan wakil ketua yang bertanggungjawab serta dapat bekerjasama dengan pengurus OSIM lainnya untuk mewujudkan OSIM MAN 4 Aceh Utara yang lebih baik. _(Yoes)_

https://picasion.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *