Tentang LSM, Ini Penjelasan Arianto Sekretaris LSM Trinusa DPC Tanggamus

Blog403 Dilihat
https://picasion.com/

Suaratrinusa TANGGAMUS –Banyak pertanyaan masyarakat awam tentang apa itu  Lembaga Swadaya Masyarakat atau yang lebih dikenal dengan sebutan LSM, Sekretaris LSM Trinusa DPC Tanggamus Arianto menjelaskan fungsi dan tujuan dari LSM itu sendiri. Selasa 30-4-24

LSM kata Arianto dapat diartikan sebagai organisasi/ lembaga yang dibentuk oleh  Warga Negara Republik Indonesia secara sukarela atas kehendak sendiri dan minat yang besar serta bergerak di bidang kegiatan tertentu yang ditetapkan oleh organisasi/ lembaga sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat, yang menitik beratkan kepada pengabdian secara swadaya tanpa bertujuan memperoleh keuntungan semata.

https://picasion.com/

” Jadi pembentukan LSM ini berdasarkan asas sukarela tanpa adanya harapan untuk memperoleh laba yang besar. Selain berasaskan sukarela,  LSM juga berdiri diatas asas Pancasila dan hal ini tentunya LSM hidup dan berkembang di Indonesia harus menjunjung tinggi Pancasila ” jelas Arianto

Masih kata Arianto, Istilah Lembaga Swadaya Masyarakat pertama kali dikenal dalam Undang-undang Nomor 4 Tahun 1982 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup dan bergerak dalam hal-hal yang berkaitan dengan Lingkungan Hidup.
Kemudian dalam perkembangannya Lembaga Swadaya Masyarakat tersebut mempunyai lingkup kegiatan yang tidak terbatas pada lingkungan hidup saja, melainkan mencakup bidang lain sesuai dengan yang diminati untuk tujuan meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat baik rohani maupun jasmani.

Lanjutnya fungsi dari LSM itu sendiri sebagai lembaga non-pemerintah yang ikut berpartisipasi dan pengembangan untuk kepentingan masyarakat yang membutuhkan pembinaan, bimbingan, serta pengayoman dari pemerintah agar  dapat mendorong kegairahan, kreativitas dan dinamika masyarakat di segala bidang.

”  Keberadaan LSM memiliki sejarah dan latar belakang sendiri, sejalan dengan bentuk dari lembaga tersebut, jadi LSM itu merupakan lembaga atau organisasi non-pemerintah atau yang biasa disebut Non-Government Organization (NGO) bertujuan membentuk karakter masyarakat menuju langkah positif dan produktif ” tandasnya. (Nr)

https://picasion.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *