Dorong Terciptanya Pemilu Damai, DPC LSM Trinusa Kab. Ciamis Adakan Dialog Wawasan Kebangsaan Di Caffe Qitri

Kabupaten Ciamis

Berita90 Dilihat
https://picasion.com/

Suaratrinusa.com – Jawa Barat Ciamis – Menyongsong tahapan kampanye pemilu yang akan berlangsung dari tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, DPC LSM Trinusa Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan dialog kebangsaan yang berlangsung di Caffe Qitrie (Gedung Pramuka Ciamis) (30/12/2023) siang.

Kegiatan yang dipandu oleh Ketua DPC Tasikmalaya Raya Kang Dede dan Kang Epi yang menghadirkan dari element ORMAS dan LSM beserta Perkumpulan Masyarakat yang lain. ini bertemakan “Ciptakan Pemilu Damai Sesuai Dengan Demokrasi Pancasila yang berdasarkan UUD 45, Menjunjung Tinggi Kearifan Lokal Budaya Nusantara”.

“Semua pihak ikut berperan karena untuk mewujudkan pemilu yang damai tidak bisa digantungkan hanya pada pihak penyelenggara pemilu dan pemerintah daerah saja. Namun, semua pihak harus dapat mengambil perannya masing-masing yang kemudian secara bersama-sama mewujudkan wilayah Periangan ini aman dan damai saat berlangsungnya pemilu tahun 2024,” ucap Kang Epi.

https://picasion.com/

Sementara, dituturkan bahwa sampai saat ini belum ditemukan adanya aktivitas Aparatur Sipil Negara di Daerah wilayah Periangan Timur hingga tataran perangkat desa yang menunjukkan keberpihakan atau dukungan politik kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang ada. Sebagai pelayan publik harus melayani semuanya tidak boleh berpihak, jika ditemukan pelanggaran maka dipastikan menerima konsekuensi hukumnya.

Di akhir dialog, disimpulkan bahwa esensi pemilu yaitu proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa, dan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa berkaitan dengan seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia. Sehingga diharapkan peserta pemilu dapat melaksanakan kampanye secara produktif dengan mengedepankan kearifan lokal dan budaya tanpa melakukan politik uang, politisasi SARA, penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian.

“Harapanya pelaksana kampanye dapat bekerja sama dengan aparat TNI dan Polri demi menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, aman dan damai pada pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah Daerah Periangan Timur. Khususnya bisa mengendalikan massa pendukungnya masing-masing dan mendukung sepenuhnya tindakan tegas aparat penegak hukum, serta siap menerima apapun hasil Pemilu 2024 dengan lapang dada,” pungkas Kang Dede sebagai ketua Kordinator wilayah Periangan

https://picasion.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *