Temuan LSM Triga Nusantara Indonesia Ungkap Penyalahgunaan Sistem PPDB di Beberapa Sekolah di Karawang

Karawang

Blog61 Dilihat
https://picasion.com/

Suaratrinusa.com – Karawang, 20 Juni 2024 – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Triga Nusantara Indonesia mengungkap adanya dugaan penyalahgunaan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di beberapa sekolah negeri di Kabupaten Karawang.

Temuan ini diungkapkan oleh Ketua DPD Kabupaten Karawang Apip Syamsi.

https://picasion.com/

Menurutnya, investigasi yang dilakukan selama dua bulan terakhir menunjukkan adanya praktik-praktik kecurangan yang merugikan siswa dan orang tua. “Kami menemukan indikasi kuat bahwa sejumlah sekolah menggunakan kuota jalur prestasi dan jalur afirmasi untuk siswa-siswa yang sebenarnya tidak memenuhi syarat,” ujarnya.

Beberapa modus operandi yang terungkap antara lain:

1. Manipulasi Data Zonasi : Beberapa sekolah diduga menerima siswa yang seharusnya tidak masuk dalam zona wilayah sesuai ketentuan dengan memanipulasi data alamat.

2. Pemberian Sertifikat Prestasi Palsu: Ada dugaan bahwa sejumlah sertifikat prestasi yang digunakan sebagai syarat masuk jalur prestasi adalah palsu atau tidak sesuai dengan prestasi sebenarnya.

3. Penyalahgunaan Kuota Afirmasi : Kuota yang seharusnya diperuntukkan bagi siswa dari keluarga tidak mampu atau berkebutuhan khusus diduga diberikan kepada siswa dari keluarga mampu dengan imbalan tertentu.

LSM Trinusa telah mengumpulkan bukti-bukti berupa dokumen, rekaman percakapan, dan testimoni dari orang tua siswa yang menjadi korban. “Kami akan menyerahkan semua bukti ini kepada pihak berwenang agar segera ditindaklanjuti,” tambah Apip

Sementara itu, orang tua siswa berharap agar pemerintah dapat memperbaiki sistem PPDB agar lebih transparan dan adil. “Kami hanya ingin anak-anak kami mendapatkan hak pendidikan mereka tanpa harus melalui jalur yang curang,” ujar salah satu orang tua siswa yang tidak ingin disebutkan namanya.

LSM Triga Nusantara Indonesia mengajak masyarakat untuk melaporkan segala bentuk penyimpangan dalam PPDB agar pendidikan di Indonesia bisa lebih bersih dan berkualitas.

(PI)

https://picasion.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *